Senin, 17 September 2012

Apakah hitam dan Putih adalah warna???


                
Ada yang bilang bahwa hitam dan putih bukanlah warna. Televisi hitam-putih tidak kita sebut sebagai televisi berwarna, bukan? Namun, ternyata pertanyaan di atas adalah salah satu isu yang paling diperdebatkan. Kalau yang ditanya seorang ilmuwan, Anda akan mendapatkan jawaban fisika “Hitam bukan warna, tetapi Putih adalah warna”. Namun ketika Anda bertanya kepada seniman, maka Anda akan mendapat jawaban lain, yaitu “hitam adalah warna sedangkan putih bukan warna”. Waduh waduh, mana yang betul nih? Atau mereka semua salah? Daripada bingung-bingung, yuk kita liat penjelasannya lebih l.anjut…………
Pertama, kita harus tau teori bagaimana warna tercipta. Lalu, bagaimana warna tercipta? Ada dua contoh tentang bagaimana warna bisa menjadi ada, yaitu dari warna benda nyata dann benda tidak nyata. Warna pada benda nyata tercipta dari pigmen kulit atau agen pewarna molekul. Sementara itu, warna dari objek yang terlihat pada komputer adalah warna dari cahaya. Kalau belum tahu bedanya, coba lihat layar monitor komputer atau televisi Anda dari jarak sangat dekat. Bisa juga Anda menggunakan kaca pembesar. Nah, baru deh keliatan unsur-unsur pembentuknya..
Warna yang ada di komputer atau televisi diciptakan dari foton cahaya yang dikirim dalam sistem elektronik. Pernah tahu istilah monitor RGB? Kepanjangan RGB adalah Red-Green-Blue, itulah tiga warna primer aditif pembentuk yang ada di dalamnya. Perlu dipahami juga tentang warna pigmen primer. Yaitu tiga warna yang tidak dapat dibuat dengan mencampurkan warna lain. Ketiga warna itu adalah merah, biru, dan kuning. Setelah Anda paham soal dua kategori warna yang berbeda (pigmen dan cahaya) serta definisi warna primer, jawaban soal apakah hitam dan putih adalah warna kini dapat dijawab.

Apakah warna hitam dan putih adalah warna ketika dihasilkan oleh cahaya?
Jawaban bisa didapat dari teori aditif :
  1. Hitam adalah ketiadaan warna dan karena itu bukan warna. Ketika tak ada cahaya, semuanya hitam. Contohnya monitor komputer dan televisi yang mati.
  2. Putih adalah campuran dari semua warna dan karena dia warna. Cahaya secara umum  tampak tidak berwarna atau putih. Sinar matahari adalah cahaya putih yang terdiri dari semua spektrum warna, yang baru tampak bila melewati prisma. Buktinya adalah pelangi.


Apakah hitam dan putih adalah warna ketika mereka adalah pigmen atau zat pewarna molekul?
Jawaban teori pigmen :
Hitam adalah warna. Coba tanyakan ke ahli kimia dan dia akan mengkonfirmasi. Berikut ini cara sederhana untuk menunjukkan bagaimana hitam dibuat….\
Campurkan tiga warna primer (merah, kuning, biru) menggunakan cat air atau pewarna makanan. Anda tidak akan mendapatkan hitam pekat, tetapi intinya jelas termasuk kategori gelap. Sejarah pemakaian pigmen pewarna hitam dibuat dari arang, logam besi dan bahan kimia lain sebagai sumber warna hitam.


Jadi, apakah hitam dan putih adalah warna?
Nanti dulu, ada satu lagi penjelasan final berikut ini. Warna ada dalam konteks yang lebih besar daripada penglihatan manusia. Pertimbangkan fakta bahwa ada tiga bagian untuk proses persepsi warna :
  1. Media  : warna yang ada sebagai suatu pigmen/pewarna (seperti warna benda nyata) atau sebagai cahaya (seperti warna gambar pada layar monitor)
  2. Pengirim : bagaimana warnanya ditransmisikan
  3. Penerima : Bagaimana manusia melihat warna. Dengan kata lain, bagaimana kita menerima informasi tentang warna. Apakah warna ada jika tak ada yang bisa melihatnya? Warna ada karena bisa melihat.

Jadi, apakah hitam adalah warna? Apakah putih adalah warna?
                Jawaban finalnya adalah dengan menggabungkan dua teori yang telah diuraikan di atas. Warna benda nyata berasal dari molekul pewarna pada pemukaannya. Kita melihat warna objek karena dia memantulkan sebuah warna.
                Hitam bukan warna. Alasannya karena benda yang berwarna hitam adalah benda yang menyerap semua spektrum yang terlihat dan tidak memantulkan satupun spektrum warna ke mata.
                Sedangkan putih adalah warna. Karena putih memantulkan semua warna dari spektrum cahaya yang dapat dilihat oleh mata.
(sumber : majalah Karisma edisi XXIV)

Sekian artikel yang dapat saya sampaikan kali ini……..
SEMOGA BERMANFAAT J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar